3 Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Solo merupakan salah satu kota yang masuk ke dalam provinsi Jawa Tengah. Kota Solo juga dikenal dengan Kota Surakarta. Nama Surakarta diambil dari 2 kata, yaitu Sura dan Karta. Sura memiliki arti keberanian dan karta memiliki arti makmur. Sebutan “Solo” pun diambil dari nama Sala Shorea Robusta yang merupakan pohon suci di India.

Tempat Wisata Di Solo

Solo berada di dekat Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Colomadu, dan Kabupaten Boyolali. Kota Solo terkenal dengan kesenian dan kebudayaan, kuliner, dan tempat wisata yang indah dan harus dikunjungi. Berikut ini adalah tempat wisata di Solo yang bisa menjadi referensi kamu untuk liburan setelah masa pandemi selesai.

  1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta terletak di Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton Surakarta merupakan tempat wisata di Solo yang cocok untuk kamu yang ingin belajar bagaimana sejarah kerajaan di masa lalu. Sampai sekarang Keraton Surakarta ini masih menjadi istana resmi dari Kasunanan Surakarta.

Keraton Surakarta didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II untuk menggantikan Keraton Kartasura yang telah hancur akibat Geger Pecinan pada tahun 1743 silam. Ada banyak komplek yang ada di Keraton Surakarta ini, seperti Alun Alun Lor, Alun Alun Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Siti Hinggil Lor dan Kidul, dan Sasana Sumewa.

Di dalam Keraton Surakarta pengunjung dapat berkeliling untuk melihat lihat peninggalan peninggalan Kerajaan yang masih disimpan rapih sampai saat ini.

  1. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah tempat wisata alam di Solo yang memiliki keindahan alam yang bagus. Air terjun Grojogan Sewu memiliki keindahan alam yang memanjakan mata para pengunjung, untuk memasuki kawasan air terjun grojogan sewu ada 2 pintu, yang pertama adalah pintu masuk utama yang dekat dengan terminal Tawangmangu dan pintu masuk kedua.

Di aera Grojogan Sewu masih sangat alami, seperti kera kera masih berkeliaran dan bergelantungan dengan bebas. Kamu bisa mengambil foto bersama dengan kera kera tersebut, namun tetap waspada apabila kera kera itu mau mencuri barang bawaan atau makanan kamu.

Selain itu juga terdapat jembatan yang mempunyai mitos apabila ada pasangan yang melewati jembatan ini akan segera putus. Tapi jika kamu tidak percaya dengan mitos tersebut kamu bisa mengambil foto disitu dengan latar belakang air terjun Grojogan Sewu.

  1. Taman Balekambang

Tempat wisata di Solo berikutnya adalah Taman Balekambang yang merupakan taman terbesar di Kota Solo yang berlokasi di Jalan Balekambang No.1, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Taman Balekambang merupakan hutan kota yang menjadi pariwisata. Taman Balekambang dibangun pada 26 Oktober 1921 oleh KGPAA Mangkunegaraan VII. Taman Balekambang cocok sekali untuk berlibur santai bersama keluarga tercinta.

Di Taman Balekambang ini terdapat beberapa wilayah yang bisa dikunjungi. Ada bangunan yang terdapat karya karya seni rupa dan gambar yang artistik, hewan hewan yang mondar mandir, dan taman reptile. Di Taman Balekmbang ini kamu bisa membawa tikar dan menggelarnya untuk makan bersama keluarga atau pasangan. Kamu juga bisa memancing, menyewa becak air, berfoto dengan hewan reptil.

Di Taman Balekambang juga terdapat kera kera yang masih berkeliaran bebas, sehingga harus berhati hati.

Itu dia 3 tempat wisata di Solo rekomendasi Situs Poker Online, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata yang memiliki pesona indah di Kota Solo ini, mungkin akan saya bahas pada artikel berikutnya. Terima kasih telah membaca.