Cara Merawat Bunga Lili Putih

Cara Merawat Bunga Lili Putih

Aburranatural – Bunga lily merupakan jenis bunga hias yang sangat populer di beberapa negara, termasuk Indonesia. Jenis bunga ini sering digunakan untuk mempercantik tampilan buket atau dekorasi pernikahan. Selain itu, bunga ini memiliki keindahan yang elegan dan bahkan karena keindahannya bunga lili juga tersedia dalam bentuk buatan atau plastik. Di Indonesia, bunga lili lebih sering disebut bunga lili. Fleur-de-lis yang berasal dari famili Liliaceae menyandang nama latin Lilium regale. Bunga ini berasal dari negara-negara Eropa tetapi juga ditemukan di kawasan Asia.

Dilihat dari ciri fisiknya, fleur-de-lis tingginya kurang lebih dua sampai empat inci dan memiliki batang bunga yang kuat, kokoh dan ramping. Seperti bunga hias pada umumnya, bunga lili juga memiliki variasi warna yang beragam, mulai dari putih, ungu, kuning, jingga, merah hingga kehitaman dengan bintik-bintik. Habitat bunga ini adalah di sekitar pegunungan, hutan, padang rumput dan tidak jarang bunga ini tumbuh di rawa-rawa karena bunga ini mudah beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Saat ini, hanya sedikit orang yang berani menanam bunga lili ini. Ini karena beberapa orang berpikir bahwa bunga lili sulit untuk tumbuh. Memang, jika tanaman ditanam di substrat pH seimbang, bunga ini dapat dengan mudah tumbuh dengan baik.

Bunga lily putih memberikan kesan yang elegan dan elegan, sehingga tidak jarang banyak orang yang menggunakan bunga ini sebagai bunga potong untuk pernikahan atau diletakkan di dalam pot.

Bunga lili ini juga dapat tumbuh dengan baik dan subur bila ditanam di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 1000 sampai 1200 dpl. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui cara merawat bunga lili putih dengan mudah dan selalu berbunga bila ditanam di tanah atau dipotong sebagai bunga hias. Untuk itu, berikut ini uraian cara Toko Bunga Online merawat bunga lili yang perlu Anda ketahui.

Cara merawat tanaman bunga lily

Jika Anda tertarik untuk menanam bunga lili, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Tentukan lokasi untuk menanam umbi lily.

Tempat yang baik adalah tempat dengan drainase yang baik dan sinar matahari yang cukup. Jika Anda salah memilih lokasi atau lokasi penanaman, bunga lili bisa berjamur.

2. Tanam di media yang ditentukan

Setelah mendapatkan umbi lily, Anda bisa langsung menanamnya di lokasi penanaman yang sudah dipilih. Jika Anda belum sempat menanamnya, sebaiknya letakkan umbi bunga di tempat yang gelap dan sejuk, misalnya di lemari es.

3. Gali sekitar 15 cm

Cara menanam umbi lily cukup mudah, buatlah lubang sedalam 10-15 cm dengan lebar yang sesuai dengan jumlah umbi lily yang akan ditanam. Sisakan jarak sekitar 15 cm di antara umbi bunga. Setelah umbi dimasukkan ke dalam lubang tanam, semprot dengan pupuk dan tutup kembali dengan tanah di sekitarnya. Kemudian Anda bisa menyiramnya agar tanahnya lembab.

4. Saat suhu luar dingin

Anda dapat menutupinya dengan jerami / mulsa di tanah untuk mencegah bunga bakung terkena suhu rendah.

5. Pemupukan secara teratur

Kemudian Anda bisa memberikannya pupuk dan air secara rutin agar tidak mengering.

6. Pangkas bunga lili

Setelah tanaman lily mulai tumbuh selama musim berbunga, Anda dapat memangkas sekitar 1/3 batang tanaman agar tetap terstimulasi untuk pertumbuhan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Cara merawat bunga lili putih pot sebagai bunga hias

Sementara itu, jika Anda pecinta bunga lili pot atau bunga potong hias, berikut beberapa tips merawat bunga lili putih dengan mudah dan selalu berbunga serta menjaganya tetap segar dan tahan lama.

– Sebelum mengisi vas dengan air, Anda harus terlebih dahulu membersihkan vas dengan pemutih. Ini dimaksudkan untuk membunuh bakteri di dalam vas.
– Maka Anda harus terlebih dahulu membuat air yang akan dimasukkan ke dalam vas. Campurkan 1 liter air dengan 2 tetes deterjen pemutih yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan air jeruk lemon yang berfungsi untuk menurunkan pH air. Mencampur air bisa membuat potongan lili terlihat segar.
– Sebelum dimasukkan ke dalam vas berisi air, potong dulu batang bunga lily dengan sudut 45 derajat.
– Kemudian tambahkan bunga lili dan atur sesuai keinginan. Air dalam vas dapat diganti secara rutin setiap 3-4 hari sekali dan potong batang yang busuk sepanjang 1 cm. Semprotkan bunga secara teratur dengan air bersih setiap hari.
– Tempatkan bunga lili dalam vas bunga di ruangan yang tidak terlalu dingin atau di ruangan yang menggunakan AC dan jangan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena akan menyebabkan bunga lili cepat layu.
– Bunga lili yang dipotong bisa bertahan hingga 7 hari.

Referensi: Toko Bunga Terdekat