Makanan Khas Medan

Aburranatural – Medan adalah ibu kota Sumatera utara yang tepat dikunjungi untuk berwisata kuliner. Kota dengan julukan tanah batak ini mempunyai beragam kuliner lezat yang patut Anda cicipi. Ingin tahu apa saja makanan khas medan yang menggoyang lidah? Yuk, scroll artikel berikut!

Makanan Khas Medan

Sama seperti di daerah lain ciri khas makanan Medan tetap mengedepankan citarasa nusantara. Ada manis, pedas, asam yang berasal dari aneka bumbu dan rempah khas Indonesia.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini 6 rekomendasi makanan khas Medan yang wajib untuk Anda cicipi:

1. Lontong Medan

Makanan khas Medan pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Lontong Medan. Kuliner yang satu ini paling pas disantap untuk sarapan di pagi hari.

Lontong Medan adalah lontong sayur yang terdiri dari berbagai isian seperti lontong, udang, sambal teri kacang, telur balado hingga rendang daging. Sedangkan, untuk sayurnya beragam, ada sayur nangka kuah kuning, kacang panjang, sayur labu siam, hingga wortel.

Yang menjadikan Lontong medan berbeda dengan lontong sayur di daerah lainnya adalah lontong medan menggunakan tauco yang membuat rasanya lebih gurih dan nikmat.

Harga kuliner yang satu ini juga cukup murah, harganya sekitar dua puluh ribuan saja di http://3.0.234.19/.

2. Mie Gomak

Mie Gomak adalah makanan khas Sumatera Utara yang mempunyai julukan spageti Batak. Kuliner ini berasal dari daerah Balige yang berada di tepian Danau Toba.

Bentuk mie gomak cukup besar dan menyerupai lidi. Penyajiannya pun ada dua macam yakni berbentuk kuah atau goreng.

Untuk rasanya tidak diragukan lagi, benar-benar enak dan nikmat. Tekstur mienya yang lembut di mulut dan bumbu rempahnya yang khas menjadi kesukaan banyak orang.

Bila Anda ke Medan, Anda wajib mencoba Mie Gomak. Harganya juga sangat terjangkau yakni mulai dari lima belas ribuan.

3. Saksang

Bagi Anda yang doyan kuliner bahan dasar daging, Anda tidak boleh melewatkan makanan khas suku Batak ini. Saksang adalah kuliner berkuah kental dengan menggunakan daging babi, anjing atau kerbau sebagai bahan utamanya.

Daging-daging tersebut dicincang dan dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan santan. Biasanya beberapa orang masih memasak kuliner ini dengan darah hewan yang digunakan.

Saksang sering dijumpai pada acara pernikahan adat. Banyak juga restoran-restoran di Medan yang menjual masakan ini.

Saksang tidak direkomendasikan bagi Anda yang muslim karena makanan ini tidak halal untuk dikonsumsi.

4. Bihun Bebek

Kuliner yang satu ini adalah menu favorit para wisatawan yang tidak boleh Anda lewatkan. Bihun bebek adalah makanan khas medan halal dengan rasa yang unik.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari bihun yang diberi topping irisan daging bebek rebus yang melimpah dan kuah. Ada dua pilihan kuah Bihun Bebek di Medan, ada kuah kaldu dan kuah herbal.

Kuliner yang satu ini sangat direkomendasikan bila Anda mengunjungi Kota Medan. Untuk satu porsinya, Bihun Bebek dibandrol dengan harga sekitar Rp. 60.000.

5. Rujak Kolam

Bila Anda mencari makanan segar untuk menemani siang hari di Medan, maka Rujak Kolam lah jawabannya. Rujak khas Medan ini terkenal dengan kepedasan dan kesegarannya.

Isian buah dalam Rujak Kolam sangat bervariasi mulai dari belimbing, jeruk bali, ubi, nanas, pepaya, mangga muda, kedondong, bengkuang dan banyak buah segar lainnya.

Rujak Kolam khas Medan ini wajib dicicipi bagi Anda pecinta pedas.

6. Lemang

Makanan khas Medan terakhir yang patut Anda coba adalah Lemang. Lemang terbuat dari beras ketan dan santan yang diselimuti dengan daun pisang dan dimasak dalam seruas bambu.

Lemang memiliki rasa yang gurih dan paling nikmat dikonsumsi selagi hangat. Biasanya lemak dihidangkan dengan lauk seperti rendang dan telur.

Menjadikan Kota Medan sebagai destinasi wisata kuliner utama adalah pilihan yang tepat. Namun keunikan serta variasi hidangannya juga patut untuk dirasakan.

Jadi, makanan khas Medan yang nomor berapa yang paling ingin Anda coba pertama kali? Jangan lupa di share di kolom komentar ya!