Perbedaan Advan G5 dan G5 Elite

Perbedaan Advan G5 dan G5 Elite

Aburranatural – Di penghujung tahun 2020, Advan, perusahaan elektronik nasional yang juga sering memproduksi smartphone, kembali mengumumkan anggota barunya yaitu Advan G5 Elite. Bahkan, pada Mei 2020 lalu, penjual smartphone kebanggaan Indonesia ini meluncurkan Advan G5.

Dilihat dari kedua ponsel Advan, keduanya tampak memiliki bodi depan yang sama dengan kamera depan di tengah atas layar. Kemiripan juga terasa pada sistem operasi antara Advan G5 dan G5 Elite yang dikolaborasikan dengan Android 10. Bahkan dengan tipe layar kedua ponsel ini sangat kompak terutama touchscreen. berbeda. Advan G5 lebih tinggi 0,1 inci dari Advan G5 Elite.

Ada beberapa perbedaan yang perlu diingat antara Advan G5 dan Advan G5 Elite. Beberapa perbedaan terlihat dari bentuk dan spesifikasinya. Ini adalah beberapa perbedaannya.

1. Bodi dan layar hampir sama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bodi depan kedua ponsel ini seperti kembaran. Namun, bagaimanapun juga, Advan G5 dan Advan G5 Elite memiliki perbedaan dimensi bodi. Advan G5 memiliki dimensi 156,3 x 75,14 x 9,6mm, sedangkan Advan G5 Elite memiliki dimensi 154,5 x 73 x 9,7mm. Hal ini memungkinkan Advan G5 untuk mencapai body title dengan dimensi yang lebih besar daripada Advan G5 Elite.

Mari beralih ke perbedaan layar kedua ponsel ini, yang ternyata sangat tipis, hanya berjarak 0,1 inci. Dalam hal ini, meskipun Advan G5 Elite bertekuk lutut, ukuran layar Advan G5 adalah 6,2 inci. Sedangkan Advan G5 Elite tertahan hanya 6,1 inci, yang membuatnya lebih sempit dari Advan G5. Sedangkan untuk tipe layarnya, bergandengan dengan tipe IPS LCD capacitive touchscreen.

Penggunaan layar IPS LCD pada smartphone khususnya Advan G5 dan Advan G5 Elite mampu memberikan warna yang lebih natural sesuai aslinya. Selain itu, warna atau gambar dapat terlihat dengan jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung.

2. Resolusi kamera

Padahal, secara bentuk dan desain kamera depan dan belakang, Advan G5 dan Advan G5 Elite tidak jauh berbeda. Kamera selfie disematkan di bagian tengah atas layar, sedangkan kamera utama terletak di kiri atas di bagian belakang ponsel. Model atau desain kameranya sangat kekinian seperti smartphone ternama lainnya.

Namun yang membedakan adalah resolusi kedua ponsel ini yang bisa dikatakan sangat buruk. Pada kamera belakang Advan G5 memiliki tiga ring lensa dengan ukuran 13 MP + VGA + VGA disertai dengan fungsi lampu flash. Sedangkan pada Advan G5 Elite, kamera belakang berhenti pada resolusi 5 MP disertai dengan fungsi Flash saja.

Kamera depan Advan G5 Elite turun hingga resolusi 2 MP, sedangkan Advan G5 cukup tinggi dengan resolusi 5 MP. Meski sedikit perbedaannya, dari segi kamera depan atau belakang, Advan G5 lebih unggul dari Advan G5 Elite. Sehingga hasil jepretan kamera selfie atau kamera utama Advan G5 lebih bagus dan tajam.

3. Prosesor

Berbicara tentang sistem operasi, Advan G5 dan Advan G5 Elite tampak serasi dengan Android 10. Namun, kedua ponsel ini memiliki perbedaan mencolok dalam hal chipset, CPU, dan GPU. Pada graphics processing unit (GPU) kedua ponsel ini memiliki tipe yang berbeda, yaitu Advan G5 dengan IMG8322 dan Advan G5 Elite dengan Mali-T820 MP1.

Untuk Advan G5 kami menggunakan Unisoc SC9863A (28nm) sebagai jenis chipset dan pada Advan G5 Elite kami menginstal Unisoc SC9832E (28nm). Berdasarkan Gadget Versus, Unisoc SC9832E pertama kali muncul di pasaran pada kuartal kedua 2018 dan diikuti oleh SC9863A pada kuartal keempat 2018.

Disebutkan juga bahwa SC9863A telah memperbarui atau meningkatkan teknologi, bersama dengan SC9832E. Salah satunya dari segi performa yang unggul, yang membuat Advan G5 lebih kencang.

Begitu pula dengan CPU kedua ponsel ini, yang kebetulan berbeda, Advan G5 bekerja dengan tipe Octa-core dan Advan G5 Elite dengan Quad-core. Meski berbeda prosesor, Advan G5 dan Advan G5 Elite cocok untuk aktivitas multitasking dan aplikasi game.

Namun, Quad-Core mengkonsumsi banyak daya dan tidak lebih cepat dari Octa-Core. Alhasil, Advan G5 akan memiliki performa yang jauh lebih mulus.

4. Kapasitas Baterai Tidak Kompak

Saat terhubung ke sesi, kapasitas baterai kedua ponsel juga tidak kompak, yang berarti ukurannya berbeda. Meski Advan G5 dan Advan G5 Elite memiliki jenis baterai Li-Po dan tidak bisa dilepas, namun besaran dayanya justru berbeda. Pada Advan G5, kapasitas baterai built-in sebesar 4000mAh jauh lebih tinggi, sedangkan Advan G5 Elite yang tidak lebih dari ponsel yang baru saja diluncurkan, hanya memiliki 3000mAh.mAh.

Menurut laporan dari Digit.in, smartphone dengan baterai 3000mAh bisa bertahan lama jika hanya digunakan untuk aktivitas atau tugas dasar. Sedangkan smartphone dengan baterai 4000mAh bisa bertahan lebih dari sehari. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa Advan G5 layak dibanderol dengan harga dari segi kapasitas baterai dibandingkan Advan G5.

5. Memori dan konektivitas

Sedikit perbedaan antara Advan G5 dan Advan G5A ada pada memori, konektivitas, warna dan harga. Dari segi memori, kita dapat melihat bahwa Advan G5 lebih besar dengan penyimpanan internal 32 GB dengan RAM 4 GB dan penyimpanan eksternal microSD yang dapat ditambahkan hingga 32 GB.

Dibandingkan dengan Advan G5 Elite, Anda pasti senang dengan ruang penyimpanan internal yang dimilikinya, yakni 16 GB dengan RAM 3 GB dan penyimpanan eksternal micro SDXC dengan slot khusus.

Beralih ke konektivitas, Advan G5 dan Advan G5 Elite memiliki versi Bluetooth yang sama, yaitu 4.2. Pada versi Bluetooth ini, keamanannya lebih tinggi dan kecepatan unduh meningkat 2,6 kali lipat dibandingkan versi sebelumnya.

Lalu apa perbedaan dari kedua ponsel ini? Advan G5 Elite rupanya dilengkapi dengan Bluetooth A2DP, memungkinkan smartphone ini terhubung secara nirkabel ke headset stereo Bluetooth dan juga streaming berbagai file.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru